Tanda-Tanda Tubuh Butuh Olahraga

Kowandy – Tanda-Tanda Tubuh Butuh Olahraga. Semua orang yahu bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan. Masalahnya, tak semua orang bersedia ‘turun ke lapangan’ dengan sukarela kalau belum terpaksa. Di bawah ini adalah sejumlah kondisi yang bisa menjadi ‘warning’ atau indikator peringatan bahwa sudah saatnya Anda berhenti menunda menjalankan niat untuk berolah raga. Apalagi jika separuh dari 8 tanda atau indikator peringatan di bawah ini sudah Anda alami, maka tak ada alasan lagi untuk membiarkan sepatu olah raga Anda berdebu tak tersentuh. Anda tidak butuh obat, Anda hanya butuh berolahraga:


1. Badan Lemas dan Lesu Berkepanjangan. Perasaan lesu dan lemas yang tak kunjung lenyap bahkan setelah beristirahat, bisa jadi mengindikasikan Anda menderita chronic fatigue syndrome. Salah satu jenis pengobatan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah dengan melakukan olahraga. Menurut Robert Gotlin, Direktur sebuah lembaga rehabilitasi olahraga di New York, olahraga akan membantu meningkatkan level oksigen di dalam tubuh serta memproduksi hormone endorfin yang mampu mendatangkan perasaan senang dan sehat.

2. Terengah-engah Saat Naik Tangga. Jika Anda terbiasa menumpang lift, coba sesekali Anda ‘memanjat’ ke kantor dengan menggunakan tangga. Tak perlu tinggi-tinggi, cukup 2 lantai saja. JIka baru separuh jalan Anda sudah mulai terengah-engah, maka segeralah atur jadwal untuk olahraga. Ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, denyut nadi bertambah cepat dan kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat. Napas yang terengah-engah menandakan tubuh Anda kekurangan oksigen. Rutin berolahraga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Bolak-Balik Terserang Flu. Penyakit flu disebabkan oleh virus yang menyerang ketika pertahanan tubuh Anda lemah. Untuk menghindarinya, maka system imunitas tubuh perlu diperkuat dengan melakukan olahraga. Olahraga teratur berguna memperbaiki fungsi system limfatik serta meningkatkan kadar leukosit –sel darah putih yang dalam system imunitas tubuh berfungsi memerangi infeksi.

4. Wajah Kusut. Wajah Anda mulai kering dan kusut serta tidak bercahaya. Anda tidak perlu bingung memilih kosmetik wajah. Olahraga juga terkait dengan pelepasan hormon pertumbuhan, yang berperan dalam proses regenerasi sel tubuh. Termauk di dalamnya adalah sel-sel wajah. Dengan rajin berolah raga dan melepaskan keringat melalui pori-pori kulit, maka sel-sel kulit Anda akan cepat beregenerasi membentuk sel-sel baru yang lebih segar.

5. Sering Telat Mikir. Ingat suatu kali mantan menteri keuangan Sri Mulyani pernah member tips untuk rajin berolahrag supaya pintar? Kegiatan olah fisik memang ampuh membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Dengan begitu, otak Anda akan mendapatkan suplai oksigen dan air yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Makanya, peredarah yang kurang lancar bisa membuat kerja otak terhambat sehingga Anda memiliki masalah dalam mengakses memori. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Silk Institute for Biological Studies di La Jolla, California, olahrga juga berguna merangsang pertumbuhan dan regenerasi sel-sel otak.

6. Punya Masalah Tidur. Masalah tidur seperti insomnia seringkali disebabkan olah gangguan psikis yang mengakibatkan tubuh kelulitan beristirahat. Menurut Shawn Talbott, Ph.D, penulis The Cortisol Connection, olahraga adalah kegiatan yang amat efektif untuk meredakan stress. “Ketika berolahraga, sirkulasi darah mengalir cepat sehingga mengantarkan kortisol –hormon penyebab stress, ke ginjal dalam waktu singkat, untuk kemudian dibuang dari tubuh. “ Berdasarkan penelitian, berjalan kaki 18 menit sebanyak 3 kali seminggu saja bisa menekan produksi hormone kortisol hingga 15%!

7. Hasil Check-Up Mengkhawatirkan. Usia kepala 2 atau 3 bukan berarti Anda bebas dari berbagai ancaman penyakit berat (atau mematikan). Ukuran baju S juga bukan pertanda Anda boleh melarikan diri dari kewajiban berolah raga. Coba lakukan check-up rutin yang meliputi pemeriksaan kadar kolesterol, gula darah, dan asam urat. Pasalanya, banyak ahli menyatakan bahwa akhir-akhir ini ancaman penyakit berat seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung, justru mengancam generasi muda lantaran gaya hidup yang tidak sehat. Olah raga teratur mampu membantu menstabilkan level gula darah dan menyingkirkan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

8. Moody Di Luar Jadwal PMS. Moody selam PMS? Mungkin sudah biasa dialami bagi kaum wanita. Tapi, coba bayangkan betapa sengasaranya Anda, bila Anda terus mengidap mood swing di luar jadwal PMS. Mengatasinya mudah saja, yaitu dengan menyisihkan waktu paling tidak 30 menit untuk berolah raga 3 kali seminggu. Melakukan olah fisik, menurut Madhukar Trivedi, M.D., professor dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, akan membantu memproduksi hormone serotin yang mampu membantu meredakan depresi dan menstabilkan suasana hati.

9. Jeans Andalan Sudah Sempit. Oke, ini memang alasan paling dangkal untuk berolahraga. Tetapi, tak bisa dipungkiri kalau, bagi kaum wanita, hal inilah inilah justru motivasi paling ampuh yang bisa membuat perempuan terbirit-birit mendaftar ikut kelas aerobic. Olahraga bermanfaat meningkatkan massa otot, sehingga membantu tubuh Anda membakar lebih banyak lemak. Dengan begitu, Anda bisa kembali tampil memukau dalam balutan jeans andalan. Supaya efektif, hindari keinginan membeli jeans baru yang berukuran lebih besar, jika jeans lama Anda mulai terasa sesak. Atau, belilah jeans baru dengan nomor yang sama dengan jeans andalan Anda.

About Legy Masyhury

Hanya manusia biasa, sungguh! :D http://legianto.com http://desainku.net http://masyhury.web.id http://ideku.info
This entry was posted in Info, Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s