Penyebab Berat Badan Tak Bertambah

Kowandy – Penyebab Berat Badan Tak Bertambah. Banyak langkah telah diambil dalam usaha menambah berat badan, tetapi berat badan ideal tk kunjung didapat? Di mana masalahnya? Ada beberapa sebab mengapa berat badan Anda selalu dikategorikan underweight atau kurang berat. Tida semua berhubungan dengan porsi makanan yang  dikonsumsi, tetapi lebih banyak tergantung pada kondisi kejiwan. Emosi yang tidak stabil pun bisa memicu berkurang atau bertambahnya berat badan Anda. Sama seperti jika Anda terserang stress. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan faktor-faktor yang mampu mepengaruhi kondisi di atas, antara lain:


1. Pola Makan Yang Bermasalah. Contoh pola makan salah paling banyak terjadi adalah anoreksia dan bulimia. Kasus ini lebih banyak menyerang perempuan muda yang terobsesi memiliki berat badan sempurna. Mereka lebih senang memperhatikan penampilan daripada kesehatan. Terbukti dari sekian banyk kasus yang terjadi menyebutkan bahwa kebanyakan wanita usia muda membatasi konsumsi makanan yang telah dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara mengeluarkan kembali melalui mulut. Atau, dengan cara mati-matian megurangi makanan hingga kehilngan minta untuk makan. Jika Anda terperangkan dlam kasus ini, ada baiknya segera mencari bantuan dengan cara berkunjung ke dokter pribadi atau psikolog Anda. Ahli nutrisi yang tetap untuk Anda akan menunjukkan cara terbaik bagaimana mengatasi pola makan Anda dan membantu mencapai berat badan yang sesuai dengan keinginan . Biasanya, lebih banyak camilan sehat dan makanan sehat dalam porsi kecil mampu menggantikan energy yang hilang dan secra perlahan akan menjauhkan Anda dari pola makan yang salah.

2. Kerja Kelenjar Tiroid Yang Tidak Stabil. Mereka yan berusaha keras menaikkan berat badan atau kerhilngan berat badan secara drastic biasana mengalami masalah dengan kerja tiroid yang berlebihan. Ada baiknya, Anda mengeceknya langsung ke bagian kesehatan di rumah sakit untuk mendapat perawatan yang lengkap. Biasanya akan dilakukan berbagai tes yang berhubungan dengan kerja kelenjar. Untuk menggantikan banyaknya energi yang keluar karena  karena kerja kelenjar yang menyebabkan berat badan turun drastis, biasanya dianjurkan untuk menambah asupan makanan sehat pada setiap hidangan seperti buah segar dan kering, jus buah, sandwich gandum, crackers, keju, yogurt hingga kacang-kacangan.

3. Depresi. Tekanan mental berlebihan bisa menyebabkan 2 kasus, turun berat badan dan naiknya berat badan. Depresi menyebabkan sebagian orang kehilangan nafsu makan dan akan sangat berbahaya bagi tubuh jika tidak ada asupan makanan sama sekali. Metabolisme tubuh terganggu dan tentunya akan menghambat fungsi tubuh secara keseluruhan. Anda tidak akan bisa menambah berat badan Anda jika kehilangan minat untuk makan. Dan karena tidak ada tambahan energi untuk tubuh, asupan suplemen berupa vitamin dan mineral sangat penting manfaatnya dan mampu membantu masalah depresi Anda. Suplemen bekerja mestimulasi nafsu makan. Contohnya, golongan vitamin B sangat baik untuk menambah nafsu makan. Jadi, ada baiknya jika Anda membeli jenis vitamin ini dan konsumsilah selama 3 bulan untuk merasakan manfaatnya.

4. Sembuh Dari Sakit dan Kurang Makanan Bergizi. Jika tergolong pada kasus ini, berat badan memang akn turun dengan sangat drastic. Apalagi jika Anda lebih suka menghindari makanan tertentu, dan hanya mengonsumsi secangkir kopi dan seiris roti panggang, atau bahkan sandwich ukuran kecil untuk makan siang. Percaya deh, berat badan Anda tidak akan bertambah. Sangat dianjurkan untuk makan sedikitnya 3 porsi makann padat gizi setiap hari dan tentunya dengan jumlah yang ditambah di tiap porsinya. Ingatlah untuk memilih jenis makanan yang sehat bukan dari jenis yang membahayakan kesehatan Anda.

5. Pola Makan Tidak Seimbang. Karena badan terlalu kurus dan susah sekali menaikkan berat badan, kecenderungan untuk mengonsumsi makanan yang tidak seimbang sering dilakukan. Hanya makan biji-bijian, buah dan sayuran, serta menghilangkan bahan makanan dari hewan seperti susu, daging, ikan, bahkan telur pun tidak sehat. Idealnya, Anda harus mengonsumsi buah dan sayuran, biji-bijian, lemak, ikan, telur dan beberapa jenis lemak tidak jenuh setiap hari. Jika Anda seorang vegetarian, tentunya sulit untuk menambah berat badan. Hal ini bisa diatasi dengan memperbanyak /makanan berserta tinggi kalorinya. Cobalah untuk memodifikasi pola diet Anda dengan memasukkan beberapa sumber protein dari hewan seperti susu, yogurt, keju, cottage atau jenis lain dan telur. Tambahkna sedikitnya 3 – 4 sendok makan minyak biji bunga matahari atau minyak zaitun ke dalam olahan salad. Banyak makan kacang-kacangan dan buah kering juga mampu menambah asupan ebergi Anda.

6. Terlalu Banyak Berolah Raga. Olah raga memang baik untuk fungsi tubuh terutama adalah untuk menjaga kebugaran tubuh dan mempertahankan kesehatan. Tetapi, jika dilakukan secara berlebihan karena target, berat badan Anda akan cepat sekali turun dan tentunya sulit dikembalikan. Ada baiknya jika Anda berolah raga secra perlahan tetapi rutin tanpa harus mengejar target. Usahakan untuk tetap menyeimbangkan asupan kalori yang masuk dan yang dikeluarkan karena olehraga atau kegiatan lain yang menyita banyak energi. Makan camilan sehat mampu menopang kondisi fisik Anda. Harap diingat, usaha yang terlalu maksimal tidak selalu membuahkan hasil sesuai dengan keinginan Anda. Jadi, tetap lakukan dengan perlahan tetapi stabil dan tentunya ditunjang dengan makanan yang seimbang. Kasus lain yang banyak menyebabkn sulitnay berat badan bertambah adalahsulitnya tubuh menyerap zat gizi yang masuk. Biasanya hal ini berhubungan langsung dengan fungsi tubuh secara menyeluruh. Konsultasi rutin dengan dokter probadi atau ahli kesehatan tentunya sangat diperlukan.
Advertisements

About Legy Masyhury

Hanya manusia biasa, sungguh! :D http://legianto.com http://desainku.net http://masyhury.web.id http://ideku.info
This entry was posted in Info, Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s