Makanan Yang Cocok Menjelang Tidur

kowandy – Makanan Yang Cocok Menjelang Tidur. Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata berkhasiat membantu Anda lekas terlelap. Sebaliknya, ada pula jenis mekanan yang  justru menghambat tubuh Anda beristirahat. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi dan mana yang sebaiknya dihindari agar tidur Anda nyenyak? Berikut ini tips tepat memilih makanan menjelang tidur:


A. DIANJURKAN

1. Mineral Magneseium dan Kalsium. Mineral ini berguna untuk meredakan stress dan membantu mendapatkan tidur lebih berkualitas. Magnesium berguna membantu otot melakukan relaksasi. Kekurangan magnesium bisa menimbulkan rasa ngilu dan membuat tubuh terasa sakit. Kalsium memiliki efek menenangkan pada otak dan saraf.

2. Karbohidrat Kompleks. Makanan seperti roti dan crackers dapat pula membantu tidur. Konsumsi karbohidrat kompleks akan memicu produksi serotonin, yaitu suatu neutransmetter otak yang merangsang rasa kantuk. Namun jangan mengonsumsinya terlalu dekat dengan waktu tidur, karena bisa menyibukkan organ pencernaan.

3. Susu. Susu kaya akan kandungan asam amino tripofan yang dapat membantu pengeluaran serotin sehingga memudahkan tidur. Tripofan juga memacu pengeluaran hormone melatonin yang berguna mengatur ritme alami tubuh.

4. Kacang-kacangan. Jenis makanan ini kaya akan niasin (vitamin B) yang dapat merangsang produksi serotin. Alternatif lainnya adalah mengonsumsi ikan atau daging ayam yang juga banyak mengandung niasin.

B. DIHINDARI

1. Karbohidrat Sederhana. Menjelang tidur, hindari karbohidrat sederhana seperti gula, sirup dan makanan manis lainnya. Karbohidrat sederhana berdifat meningkatkan gula darah dan merupakan penghasil energi instan sehingga Anda akan merasa bersemangat ketika semestinya sudah mengantuk.

2. Tyramin. Konsumsi makanan yang mengandung tyramin seperti coklat, keju, sayur bayam dan tomat menjelang tidur juga tidak dianjurkan. Makanan tersebut mengandung tyramin yang merangsang produksi hormone neropinefrin. Hormon ini berperan membuat otak tetap terjaga.

3. Kafein dan Rokok. Terlalu banyak minum kopi atau minuman berkafein lainnya, menghisap rokok, serta minum minuman beralkohol menjelang tidur adalah kebiasaan yang dapat memicu insomnia. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung sehingga Anda sulit berisitrahat.

4. Alkohol. Konsumsi alcohol dapat mengurangi kadar vitamin B yang berguna mendukung fungsi system saraf. Sedangkan, nikotin di dalam rokok bersifat neurostimulan yang justru membuat Anda bersemangat ketika sedang butuh istirahat.
Advertisements

About Legy Masyhury

Hanya manusia biasa, sungguh! :D http://legianto.com http://desainku.net http://masyhury.web.id http://ideku.info
This entry was posted in Info, Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s