Cara Peregangan (Stretching) yang Benar

Kowandy – Cara Peregangan (Stretching) yang Benar . Sebelum melakukan latihan disarankan Anda melakukan peregangan atau stretching selama sekita 10 menit. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan stretching? Berikut ini tips bagaimana melakukan stretching dengan benar:


1. Jangan melakukan gerakan melompat. Sebab peningkatan intensitas gerakan peregangan secara drastic, dapat menyebabkan otot berkonstraksi, bukannya meregang. Akibatnya, bisa menimbulkan sobekan-sobekan kecil pada otot.

2. Batasi gerakan peregangan, jangan melakukan sampai terasa sakit. Kalau sampai timbul nyeri berarti peregangan yang Anda lakukan salah. Hentikan segera!

3. Saat tubuh berada dalam posisi meregang, tarik napas. Dan saat bergerak, keluarkan napas. Bernafaslah dengan perlahan dan teratur.

4. Hindari peregangan secara acak. Usahakan berurutan dari atas ke bawah, atau dari bawah ke atas. Peregangan secara acak (atas-bawah-atas-bawah), akan menyebabkan peredaran darah tidak teratur, sehingga kadang bisa menimbulkan rasa mual dan pusing.
Advertisements

About Legy Masyhury

Hanya manusia biasa, sungguh! :D http://legianto.com http://desainku.net http://masyhury.web.id http://ideku.info
This entry was posted in Info, Kesehatan, Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s